Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick

iklam
Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick - Cara tanam selada hidroponik. Selada di dalam jenis sayur-sayur termasuk sayuran berkelas. Hamburger dan salad menggunakan selada sebagai sayuran hijaunya. Rasanya yang tidak pahit dan teksturnya yang halus banyak digemari orang. Selada termasuk salah satu sayuran yang bisa dijadikan lalapan mentah. Selada juga banyak dijumpai sebagai lalapan untuk ayam goreng atau ayam penyet, lele bakar dan ikan bakar.
Kali ini kita akan mencoba menanam selada secara hidroponik dengan bak sistem sumbu. Sayuran hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Jenis yang ditanam selada merah.Media yang digunakan adalah arang sekam dan asupan cairan nutrisi hidroponik yang disimpan dalam bak.
Berikut alat dan bahan yang diperlukan:

1. bibit selada
2. bak plastik
3. gelas plastik
4. kain sumbu
5. solder listrik
6. arang sekam
7. cairan nutrisi
8. Sterofoam
9. Pisau Cutter
Berikut ini aktivitas yang dilakukan untuk menanam selada hidroponik sistem wick.
Membuat Dudukan Netpot dan Jarak Lubang Tanam
Potong sterofoam dengan ukuran 1 atau dua cm lebih lebar dari bak yang digunakan. Berikutnya dibuat lubang-lubang seukuran gelas plastik sebagai pot untuk menanam selada.
Untuk tanaman selada jarak antar lubang agak berjauhan agar tidak berdesakan saat tanaman tumbuh besar. Rentang daun selada kira-kira melingkar dengan radius 10 cm, sehingga jarak tanam ideal kurang lebih adalah 20 cm. Lubang pertukaran udara dibuat di satu atau dua tempat pada sterofoam.
Untuk tanaman kangkung jarak lubang tanam netpot bisa diperkecil menjadi 10 cm hingga 15 cm, sementara untuk seledri bisa lebih pendek lagi hingga 10 cm.
Persiapan Netpot Gelas Plastik
Gelas plastik dilubangi dengan solder merata di sisi keliling dan sisi bawah. Lubang satu agak besar memanjang dibuat dibagian bawah gelas untuk tempat memasukkan sumbu kain. Sumbu kain yang sudah dipotong lebar 3 cm kemudian dimasukkan kedalam gelas plastik, dari bawah kemudian ditarik ke dalam.
Persiapan bibit selada
Bibit selada yang akan ditanam dibersihkan dulu dari media tanah. Siapkan dua ember air bersih. Ambil bibit sekalian dengan tanah di bawahnya masukkan ke dalam ember.
Tanah ditekan dan diremas perlahan agar lepas dari akar.  Tujuannya utnuk memisahkan bibit yang saling berdempetan karena akan ditanam satu atau dua bibit saja tiap netpot. Setelah akar bersih dari tanah, bilas sekali lagi di ember dengan air bersih.
Akar dan tangkai daun dari bibit selada mudah patah, karena itu pembersihan dan pemisahan bibit dilakukan dengan pelan dan hati-hati.
Penanaman Bibit
Tanaman selada memiliki karakter mudah roboh, sehingga jika penanaman tidak tepat tanaman akan rebah dan pertumbuhan bibit menjadi kurang bagus.
Agar tidak mudah rebah, penanaman dilakukan dengan cara menimbun akar dan batang selada dengan media hingga batas tepat di bawah daun yang pertama kali tumbuh yaitu dua buah daun kecil yang bentuknya belum sempurna. Dengan cara ini tumbuh bibit akan lebih kuat dan tidak mudah rebah. Basahi media dengan air sekaligus untuk menghilangkan arang sekam yang menempel di daun dan tangkai tanaman.
Bak penampung diisi dengan larutan nutrisi, untuk tahap awal gelas plastik bisa berada setengah hingga satu centimeter terendam larutan nutrisi.
Pemeliharaan Tanaman
Setelah dikondisikan barang semalam ditempat teduh, bak hidroponik dapat ditempatkan di sinar matahari kemudian. Tanaman yang mulai besar segera menyerap cairan nutrisi dalam jumlah banyak, sehingga pengecekan level tinggi dan penambahan cairan larutan harus selalu dilakukan. Dengan bak cukup besar tidak harus setiap hari menambah larutan nutrisi, bisa beberapa hari sekali. Hindarkan tanaman dari terkena air hujan.
Larutan nutrisi hidroponik yang tergenang dapat menjadi tempat nyamuk untuk bertelur. Untuk menghindari hal ini, lubang-lubang yang ada hendaknya ditutup dengan kain kasa atau peliharalah ikan kecil satu dua ekor dalam bak nutrisi agar memakan jentik-jentik nyamuk.

Selada merah hidroponik usia 25 hari setelah tanam, sudah mulai bisa dipanen untuk sayuran atau lalapan mentah.[ht]
iklam